Monday, February 18, 2013

YUDI JOK : Mengutamakan Kualitas Dibanding Kuantitas




 Johan Wahyudi, pria berusia 31 tahun asal Purwokerto, Jawa Tengah ini telah berkecimpung di dunia pelapisan jok sepeda motor selama 13 tahun. Suka duka dalam menjalani  usaha ini sudah dirasakan oleh seatmaker berputra satu ini.

Awalnya Johan Wahyudi atau biasa dipanggil Yudi ini mengawali karirnya sebagai pegawai di bengkel jok motor milik kakaknya di tahun 1999. Setelah 6 tahun belajar dan memiliki pengalaman cukup maka dengan keberanian untuk mandiri, seatmaker ramah ini memutuskan membuka bengkel sendiri di Bekasi, Jawa Barat.

“Usaha saya di Bekasi hanya berjalan 1 tahun, kurang bagus pasarnya disana saat itu,” kenang Yudi. “Lalu melihat ramainya daerah Kemayoran yang identik dengan pasar gemuk untuk segmen motor, maka diberanikan membuka kembali bengkel jok di tahun 2006 lalu dengan label nama saya sendiri,” lanjutnya.

Prediksi Yudi ternyata tepat, apalagi selang beberapa tahun mulai maraknya penggunaan bahan MBtech di kalangan bikers membuat usahanya semakin ramai. Ditambah konsumen lamanya yang masih setia membuat jok di bengkelnya menjadikan Yudi jok sebagai rujukan kepada teman-temannya.

“Banyak penghobi motor klasik maupun bengkel modifikasi yang mempercayakan pembuatan jok-jok motor konsumennya kepada Yudi Jok,” senyum pria yang karya jok motornya pernah di display di sebuah launching skuter matik merek ternama.

Walaupun hanya di dukung oleh 3 orang karyawan tidak membatasi kreasi Yudi untuk menghasilkan berbagai karya jok. Bahkan beberapa desain joknya kerap menjadi trendsetter di kalangan pengguna motor. “Cukuplah membatasi hanya mengerjakan 20 jok custom sehari. Yang penting kualitasnya bukan?” tanyanya kepada Mr eMBi.

Yudi pun mengakui lebih banyak mengerjakan jok custom daripada hanya melapis ulang jok standar. Selain itu, bengkel kecilnya mampu mengerjakan alas duduk kursi rumah, sofa, kursi kantor, sepeda hingga mobil. “Kalau mobil masih jarang mas, sesekali saja,” senyumnya.

Keunikan dari seatmaker penghobi motor trail adventure ini adalah lebih suka menjahit pola jok custom di malam hari karena menurut dia waktu selepas magrib lebih tenang.  “Kalau siang saya hanya membuat pola atau membentuk kontur busa jok, selain itu masih banyak tamu,” kilah Yudi.

“Lama pengerjaan jok custom biasanya 2-3 hari, dan kita sediakan jok pengganti sementara juga bagi konsumen,” imbuh penyuka makanan tradisional ini. “Tidak itu saja, order jok motor untuk dikirim ke daerah di Nusantara juga sering dilakukan,” bangga Yudi.

Asyiknya, seatmaker ini tidak menolak diajak diskusi untuk membahas desain jok yang kita inginkan. Bagi dia, senyum puas dari wajah konsumen saat jok yang diinginkan terwujud adalah indikator tingkat kepuasan dari konsumennya.

YUDI JOK
Jl.  Serdang Raya No.25, Cempaka Baru
Jakarta Pusat
HP :             0818 1716103    

Jam Kerja :
Senin – Minggu : 09.00 – 19.00
Jumat  14:00




2 comments:

  1. Brapa harga jok vario 125 yg pnp model pcx

    ReplyDelete
  2. Jok buat scoopy...Model PCX berapa Harga Bang??????

    ReplyDelete