Tuesday, February 26, 2013

ALVINDO Keinginan End User Jadi Prioritasnya

Siapa yang menyangka Bapak Jumadi pemilik usaha pelapisan jok mobil Alvindo ini dulunya seorang tukang jahit pola jok.  Pria yang mengawali karir sebagai pegawai di sebuah bengkel jok ternama di Jakarta. Dia menceritakan perjalanan usahanya sembari mengatakan bahwa tidak semulus yang dia pikirkan selepas menjadi karyawan.

“Lebih banyak dukanya daripada suka pada awal saya berniat usaha sendiri di tahun 2006,” kenang pria asal Ngawi Jawa Timur. “Mulai dari menempati ruang 3x3 meter di rumah petak yang bocor hingga semua dikerjakan sendiri baik itu menjahit, pasang, hingga cari order,” tutur Jumadi.
\
“Bahkan pernah meminta teman-teman untuk memasang jok mobilnya kepada saya, dan mereka hanya saya minta membayar bahannya saja,” ungkap pria ramah ini. “Cara ini sebagai pancingan, alhamdulilah pelan-pelan mulai berdatangan ordernya,” lanjutnya.

Titik cerah usaha ini semakin kelihatan semenjak anak pertama Jumadi lahir. ”Sebagai bentuk syukur saya namakan bengkel jok ini dengan nama Alvindo,” senyum seatmaker penyuka sepakbola ini.

Pria berusia 32 tahun ini menceritakan dalam beberapa tahun, Alvindo mulai kebanjiran order dan rumah kontrakannya sudah tak layak sebagai bengkel jok.  Jumadi pun memutuskan untuk menyewa sebuah ruko di sentra otomotif di bilangan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Sekitar dua tahun saya berada di sana sebelum menempati lokasi terakhir di Jalan Perintis Kemerdekaan, Jakarta Utara.

Dengan dukungan 15 karyawan, Alvindo kini mampu produksi jok mobil paten sebanyak 7 mobil sehari. Selain itu Alvindo juga  bisa produksi sarung jok mobil sebanyak 20 unit dalam seminggu.

“Selain pemasangan jok desain standar, kita juga menerima desain jok custom sesuai permintaan end user,” ungkap peraih the best seatmaker di MBtech Awards 2012 seri Jakarta kategori Stylish Class.  “Saya fleksibel dengan budget dari konsumen dan terbuka dalam hal desain jok dari konsumen atau sebagai pemberi masukan,” tambahnya. Jumadi juga berani memberikan garansi pengerjaan sebosannya kepada konsumen, seperti kualitas jahitan dan benangnya.

Tidak hanya pemasangan interior untuk mobil yang bisa dikerjakan oleh Alvindo. Semua bidang yang bisa dilapisi oleh bahan pelapis MBtech juga akan diterima ordernya. “Contohnya pelapisan interior rumah, furniture, sofa, jok motor, jok kapal pesiar dan sebagainya,” ujar Jumadi sambil menceritakan pekerjaan yang pernah dilakukan.

Istimewanya salah satu bentuk pelayanan dari seatmaker Alvindo adalah antar jemput jok untuk wilayah Jakarta tanpa dipungut biaya. “Untuk waktu pengerjaan jok bervariasi, kalau lagi sepi sehari bisa langsung jadi, tetapi umumnya untuk model standar maksimal 3 hari atau jok custom bisa lebih lama waktunya,” tutup seatmaker yang kini merambah di usaha aksesori mobil ini.

ALVINDO   
JL. Perintis Kemerdekaan No. 49 (samping Ged. Sumarecon)   
021-92659291
Hari Kerja :
Senin – Sabtu : 09.00 – 17.00

2 comments:

  1. Saya Do`a kan semoga bpk jumadi dan usaha nya ( ALVINDO) tambah maju dan sukses,,amiiien

    ReplyDelete